IBX59EBBE025AF03 Penyebab Gigi Persneling Keras dan Perlu ke Bengkel Kawasaki - THESUNNA.info - THESUNNA.info

Penyebab Gigi Persneling Keras dan Perlu ke Bengkel Kawasaki

Monday, July 16th 2018. | Otomotive

Gigi persneling merupakan bagian yang sama penting dengan kopling pada motor Kawasaki. Anda harus melakukan service Kawasaki secara rutin untuk menjaga motor dari kerusakan atau kerusakan dapat dideteksi lebih awal. Kerusakan yang biarkan akan berdampak pada komponen lain di motor. Berikut ini penyebab dari gigi persneling yang keras pada motor.

  • Setelan Mur dan Baut

Gigi persneling yang keras dapat terjadi karena setelan mur dan baut motor Kawasaki Anda yang kurang pas. Setelah yang ukuran pas ini akan menyebabkan terjadinya ukuran tuas pada gigi persneling terlalu renggang sehingga menyebabkan perpindahan terasa keras. Pengaturan mur dan baut tergantung pada jarak renggang yang ada pada tuas persneling.

Setelan ini akan berdampak pada akselerasi motor. Pengaturan mur dan baut motor yang pas adalah dengan ukuran yang sempit sehingga perpindahan gigi persneling dapat terjadi dengan lebih empuk. Anda dapat mengatasi permasalahan ini dengan membawa motor ke bengkel agar tidak menyebabkan timbulnya masalah lain pada motor.

  • Arm Pendorong Kopling

Gigi persneling yang keras dapat terjadi karena terjadi kerusakan pada arm pendorong kopling. Kerusakan pada arm pendorong kopling akan membuat perpindahan gigi terasa susah dan sulit untuk dilakukan meskipun mur dan baut spelling sudah diatur dengan benar. Kerusakan ini dapat Anda ketahui dengan membawa motor ke bengkel Kawasaki terdekat lalu teknisi akan melakukan penggantian arm pendorong kopling yang telah rusak.

  • Plat Kopling yang Rusak

Gigi persneling menjadi keras juga disebabkan oleh plat kopling yang mengalami kerusakan. Ciri kerusakan plat kopling dapat Anda lihat dari bentuk plat kopling yang terlihat melengkung sehingga membuat terjadinya kerenggangan antara kampas kopling kurang maksimal. Plat kopling yang rusak akan menyebabkan pemindahan menggeser drum saat pemindahan gigi.

  • Cluth Cover yang Tidak Berfungsi

Gigi persneling akan terasa keras jika cluth cover motor sudah tidak berfungsi.  Tanda-tanda kerusakan pada komponen ini dapat Anda ketahui dengan timbulnya suara kasar ketika melakukan pemindahan gigi transmisi.

Suara yang keras ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat mengendarai motor Kawasaki. Anda dapat melakukan penggantian clut cover pada motor ke bengkel resmi Kawasaki untuk mendapatkan barang dengan kualitas yang terjamin dan memiliki garansi.

  • Beban yang Terlalu Berat

Gigi persneling juga akan terasa berat jika beban yang dibawa motor melebihi kapasitasnya atau terlalu berat. Beban ini akan mempengaruhi Anda saat menekan kopling handle sehingga membuat tarikan gigi terasa berat. Anda perlu mengetahui bahwa motor Kawasaki memang bukan motor yang dapat membawa beban yang berat.

Tidak hanya kerusakan pada gigi persneling yang terasa berat tetapi juga dapat berakibat pada komponen lainnya. Selain beban yang dibawa kampas yang mulai menipis juga menjadi penyebab gigi persneling menjadi berat karena itu Anda perlu melakukan service motor.

Perawatan Anda terhadap motor Kawasaki akan membuat mesin motor dapat bertahan dengan waktu yang lama melebihi waktu pakainya. Jika Anda tidak melakukan perawatan dengan service secara rutin maka akan berdampak pada kondisi mesin motor. Lakukan service ke bengkel Kawasaki yang resmi agar mendapatkan penggantian suku cadang yang berkualitas.

 

tags: ,